SOLO, Desapenari.id – Banyak pemilik motor matik terbiasa mematikan mesin hanya dengan menurunkan standar samping. Padahal, cara ini sebenarnya kurang ideal untuk menjaga keawetan komponen kendaraan. Meski motor matik modern sudah dilengkapi fitur pengaman otomatis yang mematikan mesin saat standar samping diturunkan, para ahli menyarankan untuk tetap mematikan mesin melalui kunci kontak terlebih dahulu.
Mematikan Pakai Standar Samping Tidak Langsung Merusak, Tapi…
Supriyono, Kepala Bengkel Yamaha Panggung Motor Solo, menjelaskan bahwa kebiasaan mematikan mesin dengan standar samping sebenarnya tidak langsung merusak mesin. “Motor tidak akan langsung rusak, tapi komponen kelistrikan seperti aki bisa lebih cepat bermasalah,” ungkapnya kepada Desapenari.id, Kamis (12/6/2025).
Ia menegaskan bahwa sesuai SOP, cara yang benar adalah mematikan mesin lewat kunci kontak (posisi OFF) terlebih dahulu, baru kemudian menurunkan standar samping. Dengan begitu, seluruh sistem kelistrikan mati secara bertahap dan terkendali.
“Produsen memang sengaja merancang fitur auto-off saat standar samping diturunkan demi keselamatan pengendara,” tegas Purnomo, pemilik Tamamo Motor. “Fitur ini bertujuan mengingatkan pengendara agar selalu menaikkan standar sebelum berkendara, sehingga bisa mencegah potensi kecelakaan,” tegasnya.
Namun, jika terlalu sering mengandalkan fitur ini, dampak jangka panjangnya bisa berpengaruh pada sistem kelistrikan dan pengapian. “Pengendara sebaiknya mematikan motor matik menggunakan kunci kontak untuk memastikan arus listrik terputus dengan sempurna,” tegas Purnomo.
Risiko Kerusakan pada Sensor dan Komponen Elektrik
Selain itu, mekanik juga memperingatkan bahwa terlalu sering mematikan mesin lewat standar samping bisa mempercepat keausan sakelar sensor. “Kerusakan pada sensor ini bisa membuat motor sulit menyala atau tiba-tiba mogok saat sedang melaju.”
“Kalau sakelar sensornya rusak, mesin motor seringkali menolak hidup walau standar samping sudah terangkat sempurna,” jelas Purnomo. Ini tentu merepotkan, apalagi kalau terjadi di tengah jalan,” tambah Purnomo.
Lebih Baik Ikuti SOP demi Keawetan Motor
Jadi, meski mematikan mesin dengan standar samping terasa praktis dan aman, cara terbaik tetaplah mengikuti prosedur standar: matikan mesin lewat kunci kontak dulu, baru turunkan standar. Dengan begitu, komponen sensitif seperti ECU, aki, dan relay tetap terjaga performanya dalam jangka panjang.
Dengan menerapkan kebiasaan ini, pengguna motor matik bisa menghindari kerusakan dini sekaligus memastikan kendaraan tetap nyaman dan aman dikendarai setiap hari.