Honda CB650R E-Clutch: Kopling Elektrik Bikin Riding Auto Santai!

Honda CB650R E-Clutch: Kopling Elektrik Bikin Riding Auto Santai!

CIKARANG, desapenari.id – Astra Honda Motor (AHM) akhirnya meluncurkan Honda CB650R dengan inovasi terbaru, E-Clutch, pada Jumat (13/6/2025). Setelah peluncuran, Kompas.com langsung mendapat kesempatan eksklusif untuk menguji motor ini di Astra Honda Motor Safety Riding & Training Center, Cikarang, Jawa Barat. Bedanya, uji coba kali ini tidak dilakukan di jalan biasa, melainkan di lintasan slalom yang penuh tikungan tajam dan sempit.

Lokasi tes ini semakin menantang karena bertepatan dengan ajang The 16th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2025 (15-18 Juni 2025). Jadi, selain merasakan teknologi baru, kami juga merasakan atmosfer kompetisi yang seru!

E-Clutch: Tak Perlu Lagi Tarik Kopling, Ganti Gigi Jadi Lebih Lancar

Fitur utama CB650R terbaru ini adalah E-Clutch, sebuah sistem kopling elektronik yang menghilangkan kebutuhan menarik tuas kopling saat ganti gigi. Begitu mesin menyala, kami hanya perlu memasukkan gigi pertama tanpa menarik kopling sama sekali. Motor tetap diam seperti dalam kondisi idle, dan baru bergerak saat tuas gas diputar.

Baca juga 150 VMX Sled Megapro Karya Frontwheel Motors! Motor Gokil

Saat menaikkan atau menurunkan gigi, tidak ada lagi ritual tarik kopling. Hasilnya? Meski belum terbiasa mengendarai motor gede (moge), pergerakan motor terasa lebih lincah. Kami hanya perlu fokus pada gas dan pedal transmisi, sementara perpindahan gigi berjalan halus tanpa hentakan.

Salah satu keunggulan E-Clutch adalah kenyamanan berkendara dalam kondisi macet atau sering berhenti. Tidak ada lagi pegal di tangan kiri karena terus menerus menarik kopling. Namun, Honda tetap menyediakan tuas kopling manual bagi yang ingin berkendara dengan cara tradisional atau butuh kontrol lebih.

Menariknya, saat uji coba, hampir semua peserta memilih untuk tidak menggunakan tuas kopling sama sekali. E-Clutch terbukti cukup responsif dan praktis, bahkan di lintasan slalom yang menuntut presisi tinggi.

CB650R E-Clutch masih mengandalkan mesin 4-silinder 649 cc yang terkenal halus namun bertenaga di putaran tinggi. Motor ini cocok buat yang ingin sensasi sporty tapi tetap nyaman dipakai sehari-hari.

Dari segi desain, CB650R mempertahankan gaya Neo Sports Café dengan tampilan modern, minimalis, namun tetap agresif. Harga motor ini dibanderol sekitar Rp 300 jutaan (OTR Jakarta) dan sudah bisa dipesan di dealer Honda Big Wing serta diler terpilih di seluruh Indonesia.

Dengan E-Clutch, Honda membuktikan bahwa teknologi bisa membuat berkendara lebih mudah tanpa mengurangi keseruan. Cocok untuk pengendara harian yang ingin kenyamanan ekstra, sekaligus pecinta moge yang ingin pengalaman berkendara lebih praktis.

Jadi, siap mencoba sensasi berkendara tanpa kopling? Honda CB650R E-Clutch jawabannya! 🚀

More From Author

https://otomotif.kompas.com/read/2025/06/18/190100515/150-vmx-sled-megapro-buatan-frontwheel-motors-buktikan-motor-kecil-bisa

150 VMX Sled Megapro Karya Frontwheel Motors! Motor Gokil

HR-V Hybrid vs Haval Jolion: Mana yang Lebih Worth It?

HR-V Hybrid vs Haval Jolion: Mana yang Lebih Worth It?

One thought on “Honda CB650R E-Clutch: Kopling Elektrik Bikin Riding Auto Santai!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *